Salah satu model evaluasi pendidikan yang saat ini dikembangkan Departemen Pendidikan Nasional adalah dengan model penilaian yang dilakukan oleh peserta didik dan antar peserta didik ( self assesment). Penilaian diri adalah suatu teknik penilaian di mana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran atau tema tertentu didasarkan atas kreteria atau acuan yang telah disiapkan.
Secara umum penggunaan teknik penilaian diri dapat memberi dampak positif terhadap perkembangan kepribadian peserta didik. Keuntungan penggunaan penilaian diri di pembelajaran menurut antara lain:
Berikut ini merupakan contoh penilaian diri peserta didik untuk kompetensi dasar matematika, jadi untuk yang lain daftar pertanyaannya menyesuaiakan.
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti !
2. Berilah tanda cek (√) pada kolom pilihan berikut !
Setelah peserta didik saling menilai, guru mengumpulkan nilai yang diperoleh dari siswa dan memasukkan ke dalam format penilaian seperti di bawah ini.
Keterangan :
0 = Tidak
1 = Ya
Nilai Peserta Didik = Skor/Skor Mak (11) x 100
Nilai Aldo = 8/11 x 100 = 73. Konversi = 73/100 x 4 = 2,91 = B
Tabel konversi nilai dan predikat
Secara umum penggunaan teknik penilaian diri dapat memberi dampak positif terhadap perkembangan kepribadian peserta didik. Keuntungan penggunaan penilaian diri di pembelajaran menurut antara lain:
- Menjadi mengerti bagaimana cara belajar yang terbaik
- Belajar untuk menyatukan gaya belajar yang di sukai dengan gaya belajar yang lain
- Belajar untuk merubah kebiasaan dan pola berfikir yang tidak efektif
- Membuat rangsangan yang positif dan memotifasi.
- Menentukan kompetensi atau aspek kemampuan yang akan dinilai.
- Menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan.
- Merumuskan format penilaian, dapat berupa pedoman penskoran, daftar tanda cek, atau skala penilaian.
- Meminta peserta didik untuk melakukan penilaian diri.
- Guru mengkaji sampel hasil penilaian secara acak, untuk mendorong peserta didik supaya senantiasa melakukan penilaian diri secara cermat dan objektif.
- Menyampaikan umpan balik kepada peserta didik berdasarkan hasil kajian terhadap sampel hasil penilaian yang diambil secara acak
Berikut ini merupakan contoh penilaian diri peserta didik untuk kompetensi dasar matematika, jadi untuk yang lain daftar pertanyaannya menyesuaiakan.
Nama | : | Aldo |
Kelas | : | V (lima) |
Tanggal Pengamatan | : | 4 Desember 2014 |
Tema/Sub Tema | : | Usaha Pelestarian Lingkungan |
2. Berilah tanda cek (√) pada kolom pilihan berikut !
No. | Pernyataan | Jawaban | |
---|---|---|---|
Ya | Tidak | ||
1. | Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh | ......... | ..... |
2. | Saya mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian | ..... | ..... |
3. | Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu | ..... | ..... |
4. | Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami | ..... | ..... |
5. | Saya berperan aktif dalam kelompok | ..... | ..... |
6. | Saya menyerahkan tugas tepat waktu | ..... | ..... |
7. | Saya selalu membuat catatan hal-hal yang saya anggap penting | ..... | ..... |
8. | Saya merasa menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik | ..... | ..... |
9. | Saya menghormati dan menghargai orang tua | ..... | ..... |
10. | Saya menghormati dan menghargai teman | ..... | ..... |
11. | Saya menghormati dan menghargai guru | ..... | ..... |
Jumlah Skor. | ............... |
Setelah peserta didik saling menilai, guru mengumpulkan nilai yang diperoleh dari siswa dan memasukkan ke dalam format penilaian seperti di bawah ini.
No | Nama Siswa | Pertanyaan | ||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P 1 | P 2 | P 3 | P 4 | P 5 | P 6 | P 7 | P 8 | P 9 | P10 | P 11 | Jml | Nilai | Konversi | Ket. | ||
1 | Aldo | 0 | 1 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 8 | 2,91 | B | Tuntas |
2 | Budiman | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | ...... | ..... | ..... | .... | ..... |
0 = Tidak
1 = Ya
Nilai Peserta Didik = Skor/Skor Mak (11) x 100
Nilai Aldo = 8/11 x 100 = 73. Konversi = 73/100 x 4 = 2,91 = B
Tabel konversi nilai dan predikat
No. | Nilai | Predikat | Nilai Sikap |
---|---|---|---|
1. | 0,00 ˂ Nilai ≤ 1,00 | D | Kurang |
2. | 1,00 ˂ Nilai ≤ 1,33 | D+ | |
3. | 1,33 ˂ Nilai ≤ 1,66 | C- | Cukup |
4. | 1,66 ˂ Nilai ≤ 2,00 | C | |
5. | 2,00 ˂ Nilai ≤ 2,33 | C+ | |
6 | 2,33 ˂ Nilai ≤ 2,66 | B- | Baik |
7. | 2,66 ˂ Nilai ≤ 3,00 | B | |
8. | 3,00 ˂ Nilai ≤ 3,33 | B+ | |
9. | 3,33 ˂ Nilai ≤ 3,66 | A- | Sangat Baik |
10. | 3,66 ˂ Nilai ≤ 4,00 | A |